Mendidik Anak yang Sholeh Sejak Dini

Mempunyai anak sholeh seperti ini adalah dambaan bagi setiap keluarga. Disamping sebagai penerus keturunan, nanti anak yang sholeh ini juga akan jadi investasi di masa depan. Pada usia dini seorang anak akan lebih mudah untuk bisa menerima perubahan daripada saat dia sudah dewasa. Dan pada usia seperti ini masa pembentukan jati diri, watak, dan juga pola pikir anak lagi berporses.

Mendidik Anak yang Sholeh Sejak Dini
Mendidik Anak yang Sholeh Sejak Dini

Nah, di masa pembentukan inilah para orangtua seharusnya memberikan peranannya secara optimal. Orangtua di sini harus bisa memberi pengaruh yang positif pada anaknya. Isi kepala, hati, serta jiwa anak Anda dengan nilai-nilai yang baik. orangtua juga harus bisa jadi filter terbaik bagi berbagai unsur negative yang bisa merusak anak Anda. Jangan sampai nantinya anak Anda malah mendapatkan pengaruh negative dari luar.

Cara mendidik anak yang sholeh sejak dini

  • Membangunkan shubuh sejak usia anak dini. Bangun di waktu shubuh ini adalah salah satu aktifitas atau kegiatan yang bisa dibilang cukuo berat bagi orang yang memang tak biasa melakukannya. Untuk itulah, silakan Anda biasakan sih kecil untuk bangun di waktu shubuh. Ini adalah salah satu langkah terbaik untuk jadikan anak Anda sebagai sebuah kebiasaan.
  • Beri lingkungan pergaulan dan juga pendidikan Islami. Lingkungan serta pergaulan merupakan salah satu faktor yang paling penting di dalam proses pembentukan karakter seorang anak. Maka dari itulah dalam hal yang satu ini Anda bisa memulainya dengan cara mengirimkan sih anak ke taman pendidikan Al quran atau TPA maupun mengikuti kursus Islam di masjid dan lain sebagainya.
  • Jangan egois. Orangtua merupakan teladan pertama bagi anaknya kelak, untuk itulah jadilah teladan yang baik anak Anda ya bund. Jangan pernah bersikap yang egois. Jangan hanya bisa memerintah anak untuk sholat atau pun mengaji akan tetapi Anda tak melakukan hal tersebut.
  • Safari masjid. Selain itu, Anda juga bisa mengajak atau membawa anak Anda untuk lakukan safari masjid minimali seminggu sekali. Hal yang demikian ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta pada masjid dan sholat berjamaan di hati anak Anda.
  • Perkenalkan batas-batas aurat sejak usia dini. Biasanya cara berpakaian Anda sekarang ini merupakan kebiasaan yang sudah Anda bawa sejak usia dini. Seorang anak yang dibiasakan untuk menggunakan pakaian ketat, dibiasakan untuk menggunakan pakaian tanpa hijab, maka yang demikian tersebut akan terbawa sampai remaja dan juga dewasa. Kebiasaan yang satu ini akan sangat sulit untuk dirubah.

Demikianlah tadi informasi yang dapat kami bagikan tentang cara mendidik anak yang sholeh sejak dini. Semoga saja bermanfaat.

 

sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/contoh-surat-kuasa/