Strategi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Dalam dunia pendidikan yang namanya belajar memang sangat penting untuk dilakukan. Tanpa belajar pendidikan akan kehilangan ruhnya karena memang ruh bagi pendidikan adalah belajar dan sistem pembelajaran.

Strategi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
Strategi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Soal belajar sendiri memang ada masalah sejak dulu sampai sekarang ini. Salah satunya adalah banyaknya siswa yang malas untuk belajar. Sebenarnya sikap malas dari siswa untuk belajar dapat terjadi karena berbagai macam faktor. Seperti faktor rasa tidak suka siswa terhadap guru, mata pelajaran tertentu, karena sikap malas dari individu terkait atau bisa juga karena siswa kehilangan motivasi belajar. Tentu saja yang menjadi PR bagi para tenaga pendidik adalah bagaimana langkah yang bisa dilakukan dalam rangka meningkatkan motivasi belajar bagi para siswa. Ini yang menjadi PR sebenarnya dari tenaga pendidik. Karena itu strategi yang jitu dalam upaya peningkatan motivasi belajar siswa perlu digali. Seperti apa strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa?

Strategi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Membangkitkan dorongan peserta didik untuk belajar

Strateginya adalah dengan Anda berikan perhatian secara maksimal kepada para peserta didik. Kemudian Anda juga nantinya akan dapat membuat siswa tertarik bersama dengan materi yang disampaikan dengan cara Anda gunakan metode menarik dalam menyampaikan setiap pembelajaran yang Anda temukan.

Bentuk kebiasaan belajar yang baik

Salah satu langkah dalam membentuk kebiasaan belajar yang baik adalah dengan menerapkan jadwal pelajaran yang perlu dipatuhi peserta didik. Anda juga ada baiknya senantiasa bersikap membantu setiap kesulitan yang dialami oleh peserta didik dengan cara perhatikan setiap proses dan juga hasil belajarnya. Metode yang menarik dalam hal ini yaitu dengan gambar dan tulisan aneka warna juga akan sangat cocok diterapkan.

Jelaskan tujuan pembelajaran pada peserta didik

Dalam rangka permulaan belajar mengajar ada baiknya untuk Anda lebih dahulu menjelaskan tenang apa saja yang menjadi tujuan pembelajaran di depan peserta didik. Dengan demikian nantinya siswa juga akan semakin semangat dalam pembelajaran karena mereka sudah tahu apa saja yang menjadi tujuan pembelajaran ini.

Berikan hadiah

Hadiah memang salah satu cara yang dapat memacu semangat belajar jadi lebih baik lagi. Karena itu pada beberapa kesempatan memberikan hadiah kepada peserta didik juga menjadi langkah yang tepat dalam meningkatkan motivasi belajar mereka.

Gunakan metode yang variatif

Dalam rangka meningkatkan motivasi belajar juga dapat dilakukan dengan metode pembelajaran yang variatif. Metode yang bervariasi ini juga akan sangat membantu dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya metode ini juga akan semakin mempermudah guru dalam penyampaian materi dan bahan ajarnya.

Mudah diterapkan bukan strategi diatas dalam upaya meningkatkan motivasi belajar? Semoga informasi tentang Strategi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa bermanfaat dan menginspirasi. sumber : dosenpendidikan.com