Parade Budaya Meriahkan Pembukaan FLS2N di Aceh

Parade Budaya Meriahkan Pembukaan FLS2N di Aceh

Parade budaya 34 provinsi memeriahkan pembukaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat sekolah menengah atas (Sekolah Menengah Atas) & sekolah menengah kejuruan (Sekolah Menengah Kejuruan) tahun 2018 di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Senin (27/8/2018). Ratusan peserta defile mewakili provinsinya masing-masing tampil dengan pakaian tata cara yg berwarna-warni.

Acara dimulai menggunakan parade yang menampilkan model menggunakan busana meriah spesial Aceh, selanjutnya para peserta masing-masing provinsi secara bergantian masuk ke arena pembukaan. Tak lama mereka disambut menggunakan tarian Peumulia Jamee (memuliakan tamu), shalawat badar, sampai di akhir program disambut dengan tarian kreasi Aceh yg menggabungkan antara tari Seudati, Saman, & tari Ratoh Jaroe.

Parade Budaya Meriahkan Pembukaan FLS2N di Aceh
Parade Budaya Meriahkan Pembukaan FLS2N di Aceh

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad memuji pembukaan FLS2N pada Aceh sebagai yg terbaik. “Pembukaannya sangat indah, dan saya lihat ini sangat meriah. Mungkin sebagai keliru satu pembukaan yang terbaik selama ini,” ujar Hamid Muhammad usai pembukaan FLS2N.

Terkait aplikasi FLS2N, Hamid berkata, ajang ini sebagai galat satu aktivitas pendidikan yg tidak hanya mengembangkan keindahan anak didik dalam berseni melainkan juga sanggup mendorong sikap kreatif anak didik sehingga dapat memperkuat karakter mereka. “Kita menginginkan anak-anak kita bisa merawat & melestarikan seni & budaya Indonesia yang kaya,” ujarnya.

FLS2N di Banda Aceh dibuka oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Sebelum memukul gendang rapai menjadi pertanda dibukanya FLS2N di Aceh, Nova berkata bahwa ajang ini menjadi kesempatan para murid buat belajar menjadi generasi yg unggul. Hal ini sesuai juga dengan visi pemerintah Aceh dalam mencerdaskan anak bangsa. “Saya yakin penyelenggaraan FLS2N ini memberi ruang buat berbagi bakat & kreativitas murid,” pungkasnya.

Ajang FLS2N tahun 2018 ini diselenggarakan dalam 26 Agustus sampai 1 September 2018 pada dua lokasi, yaitu Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung & Banda Aceh, Provinsi Aceh. Untuk jenjang Sekolah Dasar/MI, SMP/MTs, & PKLK diselenggarakan pada Pangkalpinang, sedangkan buat jenjang Sekolah Menengah Atas/MA dan Sekolah Menengah Kejuruan diselenggarakan di Banda Aceh. Peserta FLS2N adalah murid-siswi terbaik yg telah lolos seleksi pada tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi.

Peserta FLS2N ke-XI mencapai 1.947 siswa. Pada jenjang SD diikuti 204 siswa dengan jenis lomba menyanyi tunggal, seni tari, pantomim, dan gambar bercerita. Di jenjang Sekolah Menengah pertama diikuti 442 murid akan unjuk prestasi di lomba menyanyi solo, musik tradisional, tari tradisional, desain poster, & gitar klasik. Selanjutnya, pada jenjang PKLK dengan peserta 306 anak didik akan menampilkan kemampuan terbaiknya pada lomba menyanyi solo, menari, desain grafis, pantomim, melukis, dan MTQ. Sedangkan pada jenjang Sekolah Menengah Atas dikuti 476 anak didik mengikuti festival/lomba menyanyi solo, tari kreasi berpasangan, baca puisi, cipta puisi, gitar solo, desain poster, kriya, film pendek, & teater monolog. Adapun pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan, 519 siswa akan unjuk kehebatan pada festival/lomba menyanyi solo, tari tradisional, musik tradisional, gitar solo Klasik, teater, dan film pendek. Sumber : sekolahbahasainggris.com/