Keunggulan dan juga kekurangan Lenovo ZUK Z1

Lenovo ZUK Z1

Keunggulan dan juga kekurangan Lenovo ZUK Z1

Merek ZUK saat ini barangkali belum begitu dikenal pencinta gadget tanah air. Tidak seperti Lenovo yang udah begitu terkenal. Padahal, ZUK adalah anak perusahaan Lenovo yang ditugaskan untuk bertarung di pasar smartphone flagship terjangkau seperti OnePlus. Produk pertama ZUK, yakni Z1 udah formal dirilis. Beruntung Indonesia mampu jadi yang pertama kebagian di Asia Tenggara. ZUK Z1 udah dijual formal seharga Rp4.499.000 di Blibli.com.

Lenovo ZUK Z1

Kelebihan

Handling nyaman. ZUK Z1 mengikuti tren saat ini dengan mengusung layar besar 5,5 inci. Praktis bodinya pun jadi bongsor dengan dimensi 15 cm x 8 cm. Namun kita jadi nyaman memegangnya karena ada lengkungan-lengkungan yang bersahabat di telapak tangan. ZUK Z1 juga nampak memadai mewah dengan material aluminium dan kaca di bagian belakangnya. Sekadar informasi, ZUK Z1 adalah smartphone dengan desain unibody.

USB Type-C dan sensor fingerprint. Keunggulan utama ZUK Z1 ada terhadap port USB dan sensor fingerprint. ZUK Z1 jadi smartphone pertama yang dijual di Indonesia yang miliki port USB Type-C untuk pengisian daya dan transfer knowledge lebih cepat. Selain itu, smartphone ini juga udah dilengkapi sensor fingerprint yang responsif terhadap tombol home-nya. Untuk terhubung lockscreen, Anda mesti menekann tombol power khususnya dahulu baru menyentuh sensornya.

Speaker detail. Jika Anda melihat ada enam lubang kecil di sisi bawah ZUK Z1, di situlah letak lubang speaker-nya. Untuk bermain game, nonton, khususnya mendengarkan musik, suara yang nampak berasal dari lubang tersebut jadi memadai memuaskan dan detail. Tak ketinggalan, ZUK juga sediakan pengaturan equalizer.

CyanogenOS 12.1. Bagi yang hobi mengoprek, CyanogenOS 12.1 terhadap ZUK Z1 menawarkan kustomisasi yang memadai banyak. OS tersebut mirip dengan yang digunakan terhadap OnePlus One. Performanya responsif dan juga terkandung fitur record screen untuk merekam kesibukan layar.

Prosesor legendaris. Banyak yang menyayangkan ZUK Z1 belum mengfungsikan CPU paling baru seperti Snapdragon 810. Pada dasarnya, CPU Snapdragon 801 yang digunakannya tetap mumpuni untuk saat ini. Prosesor tersebut juga tidak menghasilkan panas berlebih dan amat stabil menjalankan banyak variasi aplikasi dan game saat ini. Tambahan RAM 3 GB juga amat menolong didalam menjalankan banyak variasi aplikasi secara multitasking.

Layar nyaman di mata. Resolusi layar ZUK Z1 udah full HD. Resolusi tersebut dan juga karakteristik layarnya yang glossy berperan besar didalam menghadirkan kenyamanan mata penggunanya. Layar ZUK Z1 juga mampu menampilkan warna putih yang pekat, tidak kekuning-kuningan. Temperatur layarnya juga mampu diubah jadi berasal dari 1.000 sampai 10.000 Kelvin

Baterai besar. Dibanding OnePlus One, ZUK Z1 lebih unggul di sisi baterai dengan kapasitas 4.100 mAh. Pengisian baterai mampu dilaksanakan didalam saat maksimal hampir dua jam. Setelah terisi penuh dan digunakan untuk pemakaian harian, baterai tersebut menghasilkan screen-on-time di atas empat jam.

Kamera cepat. Duet kamera utama beresolusi 13 MP dan kamera depan 8 MP terhadap ZUK Z1 memadai menjanjikan. Meski hasilnya bukan yang terbaik, namun udah amat optimal untuk kebutuhan memotret harian dan meng-upload-nya di tempat sosial. Kameranya juga mampu bekerja dengan cepat saat menjepret. Sayangnya, ZUK tidak melengkapi kamera tersebut dengan mode manual.

Kekurangan

Tidak mampu mengfungsikan kabel USB biasa. Hal ini sesungguhnya bukanlah kekurangan yang pantas dialamatkan terhadap ZUK Z1. Karena saat ini tetap amat sedikit smartphone yang mengusung port USB Type-C, otomatis tetap sedikit pula orang yang miliki charger dan kabel knowledge USB Type-C. Dampaknya, Anda mesti selalu mempunyai kabel knowledge USB Type-C punya ZUK Z1 ketika bepergian. Jika tidak, Anda bakal susah mendapatkan atau meminjam kabel tersebut.

Kesimpulan

Dengan segala yang dimilikinya, ZUK Z1 amat pantas disebut sebagai smartphone flagship ramah kantong. Di dalamnya terkandung perpaduan prosesor legendaris dan fitur terkini. Buktinya, ZUK Z1 juga smartphone pertama di dunia yang mengusung port USB masa depan, yakni USB Type-C.