Pengertian Soft Copy Device dan Drive Device

Pengertian Soft Copy Device dan Drive Device
Pengertian Soft Copy Device dan Drive Device

Pengertian Soft Copy Device dan Drive Device

Pengertian Soft Copy Device dan Drive Device
Pengertian Soft Copy Device dan Drive Device

Soft Copy Device

Soft copy device adalah alat yang dipergunakan untuk menampilkan tulisan (kata, angka, karakter khusus, dan simbol-simbol) serta gambar dan grafik pada media lunak (soft media) yang berupa sinyal elektronik. Soft copy device dapat berupa video display, flat panel, dan speaker.

1) Monitor

Monitor merupakan piranti yang termasuk ke dalam piranti softcopy. Berdasarkan teknologi pembuatannya monitor terbagi menjadi CRT (Chatode Ray Tube) dan layar datar (Flat Panel Display). Layar datar sendiri dibedakan menjadi tiga, yaitu LCD, EL, dan plasma.
Monitor memiliki ukuran yang sama dengan pesawat televisi. Monitor untuk komputer desktop yang saat ini umum ada di pasaran memiliki ukuran 14”. Selain itu, terdapat juga ukuran 15”, 17”, 19”, dan
21”. Untuk laptop ukurannya adalah 12,1”, 13,3”, dan 14,1”. Resolusi monitor ditentukan oleh jumlah piksel (berasal dari kata picture element) yang merupakan titik terkecil penghasil tampilan di layar. Sebagai contoh, resolusi 1.024 x 768 berarti bahwa monitor mengandung 1.024 baris piksel dan 768 kolom piksel. Dengan kata lain, jumlah piksel dalam monitor adalah 1.024 x 768 buah. Semakin tinggi resolusinya semakin bagus kualitas tampilan monitor.

Jenis monitor yang dikenal antara lain sebagai berikut.
a) Monitor monochrome, yaitu monitor satu warna (hijau, orange, atau putih).
b) Monitor CGA (Colour Graphic Adapter), memiliki 4 hingga 216 warna.
c) Monitor EGA (Enhancanched Graphic Adapter), memiliki 16 hingga 64 warna
d) Monitor VGA (Video Graphic Array), memiliki warna 256 warna atau lebih.

2) Speaker

Speaker adalah alat untuk mengeluarkan output berupa suara. Dengan alat ini Anda dapat bekerja sambil mendengarkan musik atau bahkan dapat belajar bahasa asing.

Drive device

Drive device adalah alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin (machine-readable-form) pada media, misalnya disk magnetik atau tape magnetik. Alat penggerak ini mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai input dan output.

Baca Artikel Lainnya: