Contoh Surat Bisnis

Contoh Surat Bisnis

Contoh Surat Bisnis – Surat Bisnis adalah surat yang digunakan seseorang, lembaga atau institusi yang isinya semata untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain bersama dengan menggunakan tempat tertentu, baik lewat Pos, Faks, Telepon atau lewat Jaringan Internet.

Surat Bisnis mempunyai bervariasi jenis, yakni meliputi Surat Lamaran Kerja, Surat Perintah Kerja, Surat Perjanjian Kerjasama Bisnis, Surat Perjanjian Sewa-Menyewa, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan lain sebagainya. Namun di kesempaatan ini aku hanya dapat berbagi beberapa Contoh dari Surat Bisnis layaknya yang terdapat di bawah ini:

Surat Lamaran Pekerjaan

Surat Lamaran Kerja adalah surat yang dibikin dan dikirim oleh seseorang yang inginkan bekerja disebuah kantor, lembaga atau perusahaan tertentu. Surat ini termasuk termasuk kedalam surat Dinas dan Surat Resmi.

Surat Perintah Kerja (SPK)

Surat Perintah Kerja adalah surat yang dibikin atau dikeluarkan perusahaan atau lembaga khusus kepada pegawai/karyawannya untuk melaksanakan suatu pekerjaan/tugas tertentu.

Surat Perjanjian Kerjasama Bisnis

Surat ini merupakan surat yang dibikin oleh pihak-pihak yang terikat dalam suatu kerjasama bisnis. Adapun kegunaan dari surat ini ialah untuk menuntut hak masing-masing pihak sebagaimana yang dijelaskan dalam butir surat perjanjian yang sudah ditanda tangani oleh ke dua belah pihak.

Surat Perjanjian Sewa-Menyewa

Surat ini umumnya dibikin kala ada suatu transaksi sewa-menyewa antara satu pihak bersama dengan pihak lainnya. Surat ini dibikin oleh pihak penyewa dan yang menyewakan. Surat ini memuat perjanjian tertulis tentang bersama dengan kesepakatan sewa-menyewa yang disetujui serta ditandatangani oleh ke dua belah pihak.

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

SIUP atau Surat Izin Usaha merupakan surat yang diperlukan sebagai dokumen jaminan untuk bisnis tertentu. Tanpa mempunyai sertifikat surat Izin Usaha Perdagangan maka kapan waktu usaha/perusahaan yang sedang berjalan dapat dibubarkan oleh pemerintah lewat lembaga mengenai sebab diakui ilegal mengingat tidak ada Surat Izin Usaha Perdagangan.

Baca Juga: