Tipe dalam Komunikasi

Tipe dalam Komunikasi
Tipe dalam Komunikasi

Tipe dalam Komunikasi

Tipe dalam Komunikasi
Tipe dalam Komunikasi

Dalam ilmu Komunikasi dikenal beberapa tipe komunikasi. Joseph A. DeVito, seorang professor komunikasi di City University of New York, dalam bukunya; Communicology, membagi komunikasi menjadi empat tipe yaitu : komunikasi intrapribadi, komunikasi antarpribadi, komunikasi publik dan komunikasi massa.

Komunikasi Intrapribadi (Intrapersonal Communication)

Merupakan proses komunikasi yang terjadi dalam diri individu atau dengan kata lain proses berkomunikasi dengan diri sendiri.

Komunikasi Antarpribadi (Interpersonal Communication)

Merupakan proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara tatap muka, seperti yang dinyatakan oleh Pace (1979) bahwa “Interpersonal communication is communication involving two or more people in a face to face setting.

Komunikasi Publik (Public Communication)

Sesuai namanya, komunikasi publik menunjukkan suatu proses komunikasi di mana pesan-pesan disampaikan oleh pembicara dalam situasi tatap muka di depan khalayak yang lebih besar.

Komunikasi Massa (Mass Communication)

Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai proses komunikasi yang berlangsung di mana pesannya dikirim dari sumber yang melembaga kepada khalayak yang sifatnya massal melalui alat yang bersifat mekanis separti radio, televisi, surat kabar dan film.

 

(Sumber: https://forums.laviaccounts.com/showthread.php?tid=88616&pid=237696)