Memenuhi kebutuhan serat harian

Memenuhi kebutuhan serat harian
Memenuhi kebutuhan serat harian

Memenuhi kebutuhan serat harian

Memenuhi kebutuhan serat harian
Memenuhi kebutuhan serat harian

Pernahkah kamu mengalami masalah pencernaan?

Salah satu kebutuhan tubuh untuk bekerja dengan maksimal adalah memenuhi kebutuhan serat harian anda. masalah pencernaan seperti susah buang air besar salah satunya disebabkan oleh kurangnya asupan serat pada tubuh. tentu saja maksudnya serat makanan atau dietry fiber. hayooo,,, berapa kali kita BAB dalam sehari??

fungsi serat bagi tubuh selain mencegah sembelit

dan memperlancar BAB, juga dapat mencegah dan menyembuhkan kanker kolon (usus besar) dan luka serta tonjolan yang ada di usus besar juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah lhooo. so, secara gak langsung juga dapat mencegah terjadinya serangan jantung.
Ngomong agak berat nih,,, serat itu di bagi menjadi dua berdasarkan kelarutannya yaitu serat pangan terlarut dan serat pangan tak terlarut. serat pangan terlarut meliputi pektin, beta glukan, galaktomanan, gum, serta beberapa oligosakarida seperti inulin. sedangkan serat yang tak terlarut meliputi lignin, selulosa, dan hemiselulosa.

Yang terpenting, apakah kita tahu kebutuhan serat kita per hari?

Perempuan membutuhakan 25 gram serat perhari, sedangkan laki-laki membutuhkan serat 38 gram perhari.
Sumber serat utama antara lain semua jenis kacang-kacangan (kacang kedelai, kacang polong, buncis, artichoke), jagung, tepung gandum, blackberry, rasberry, buah prem, selada, brokoli,okra, kembang kol, kentang manis, wortel, labu, kubis, kismis, stroberry, pisang, mangga, apel dll.
Selain itu, sebaiknya kita menghindari mengkonsumsi terigu, pasta putih dan nasi putih yang dapat diganti dengan gandum.

tujuh cara meningkatkan konsumsi serat harian kita:

1. Sarapan dengan sereal gandum yang mengandung setidaknya 5 gram serat, misalnya biji-bijian seperti gandum atau gandum utuh.
2. Bacalah label dan pilihlah makanan yang mengandung beberapa serat per porsi. Sebuah sumber serat yang baik mengandung 2,5-4,9 gram serat per porsi. Sedangkan sebuah sumber serat yang sangat baik memiliki 5 gram serat atau lebih per porsi.
3. Konsumsilah roti gandum dengan setidaknya 2-3 gram serat per iris untuk sanmwich.
4. Plih buah utuh dibanding jus. buah utuh dapat memiliki dua kali jumlah serat dibandingkan segelas jus.
5. Tambahkan kancang kedalam sup anda.
6. Cobalah masakan internasional (seperti India atau Timur tengah) yang menggunakan biji-bijian dan kacang-kacangan dalam hidangan utama.
7. Buatlah camilan sebagai kesempatan untuk menikmati makanan tinggi serat. Misalkan, camilan sayuran mentah dengan saus kacang.