Perubahan Zaman Tuntut Pemkot Berbuat Lebih

Perubahan Zaman Tuntut Pemkot Berbuat Lebih

Shangri La Jakarta

‘Kita hidup di masa dimana sekedar baik itu tidak cukup dan dimana harapan publik juga sangat tinggi. Demikian ungkap Wali Kota Bima Arya saat menerima The OpenGov Recognition of Excellence, Rabu (22/3/2017) di Shangri La Jakarta.

Karena tuntutan itulah

Lanjut Bima, dirinya mendorong untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan ke masyarakat. Hal ini diaplikasikan dalam penerapan sistem online di beberapa pelayanan, seperti sistem informasi yang memuat berbagai data terkait bidang pendidikan lewat PPDB online, perijinan online, serta aplikasi SIM wilayah untuk data kependudukan. “Saya juga meminta untuk memasukkan semua informasi ke website Pemerintah Kota Bogor, mulai dari perencanaan pembangunan hingga laporan keuangan,” ujarnya. 

PPDB online

Ini juga yang mendorong dirinya meminta setiap perangkat daerah untuk menunjuk jubir digital masing-masing beberapa waktu lalu. Tidak lain untuk merespon secara langsung tiap keluhan maupun masukan dari warga lewat portal media sosial. Konsep ini, menurutnya,  sejalan dengan prinsip transparansi dan keterbukaan terhadap publik. 

The OpenGov Recognition of Excellenc

The OpenGov Recognition of Excellence diterima Kota Bogor bersama 4 kota lainnya di Indonesia yang dinilai baik oleh The OpenGov Editorial Team & Advisory Board. Kota-kota ini dianggap mampu menerapkan pemanfatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam sektor publik dan dalam keterbukaan terhadap publik.

 

Artikel terkait :