Menelisik Kegiatan Pentas Seni di Sekolah

Menelisik Kegiatan Pentas Seni di Sekolah

Menelisik kegiatan pentas seni di sekolah – Lembaga sekolah mempunyai andil besar dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah. Alasannya memadai logis sebab di lembaga ini sedang digembleng calon penerus generasi bangsa. Mereka bakal jadi calon pemimpin bangsa di masa yang bakal datang. Pemimpin bangsa yang bakal mengayomi nilai-nilai seni dan budaya bangsa Indonesia. Kelak kesenian dan kebudayaan asli Indonesia bakal senantiasa terpelihara jadi aset berharga.

Tidak terpinggirkan oleh seni dan budaya asing yang belum pasti cocok bersama dengan sifat bangsa. Namun demikianlah nilai sifat baik dan positif seni dan budaya asing sanggup diadopsi ke dalam seni dan budaya Indonesia.

Kurikulum muatan lokal
Upaya pemerintah dalam melestarikan seni dan budaya lewat lembaga sekolah diwujudkan lewat kurikulum pendidikan. Struktur dan muatan kurikulum memuat mata pelajaran muatan lokal.

Penamaan mata pelajaran terhadap kurikulum muatan lokal disesuaikan bersama dengan daerah masing-masing. Salah satu misal nama mata pelajaran dalam kurikulum pendidikan adalah seni dan budaya (SBD).

Kegiatan pementasan seni
Aplikasi mata pelajaran SBD untuk melestarikan nilai seni dan budaya adalah kegiatan pementasan seni (Pensi) di jenjang pendidikan SMTP/MTs dan SMU/K. Pensi diadakan di sekolah tentang bersama dengan prosesi ujian sekolah (US), ujian praktek mata pelajaran SBD.

Pensi di lembaga sekolah disesuaikan bersama dengan seni dan budaya di daerah. Berbagai wujud seni dan budaya daerah dipentaskan di bawah bimbingan guru mata pelajaran. Tentu saja bakal lebih bagus ulang andaikan kegiatan ini juga melibatkan para seniman dan budayawan di daerah.

Di SMP Negeri 4 Lintau Buo, pensi dalam rangka kegiatan US udah diadakan sebagian waktu lalu. Bentuk karya seni yang dipentaskan antara lain; kesenian randai, tarian daerah minang kabau dan melayu, tari kreasi berbagai teater sederhana karya siswa.

Persiapan masak dan waktu yang memadai untuk latihan mengakibatkan kegiatan pentas kesenian berikut berlangsung lancar. Selain itu, kegiatan Pensi mendapat perlindungan penuh berasal dari para guru, seniman lokal, komite sekolah dan orangtua siswa.

Baca Juga :