HIRONOBU SAKAGUCHI (Final Fantasy)

HIRONOBU SAKAGUCHI (Final Fantasy)

Hironobu Sakaguchi (1962) pernah menjabat Direktur Perencanaan dan Pengembangan untuk Square Co., Ltd. Ia adalah pencipta seri permainan Final Fantasy. Pada th. 1991 ia diberi kehormatan menjabat Wakil Presiden Eksekutif dan tak lama berselang ditunjuk menjadi Presiden Square USA, Inc. Pada th. 2001, ia mendirikan he Mistwalker, yang menjadi beroperasi tiga th. kemudian.

Sakaguchi bersama-sama Masafumi Miyamoto mendirikan Square terhadap th. 1983. Permainan-permainan pertama mereka sangat tidak sukses. Ia lalu mengambil keputusan untuk menciptakan pekerjaan terakhirnya didalam industri permainan dengan seluruh sisa uang Square, dan menamakannya Final Fantasy. Permainan ini, di luar perkiraannya sendiri, ternyata melejit, dan ia membatalkan rencana pensiunnya. Ia kemudian memulai kelanjutan permainan ini dan selagi ini telah dibikin Tiga belas permainan Final Fantasy. Setelah enam permainan pertama dipasarkan, ia lebih berperan sebagai produser eksektuif untuk seri ini dan terhitung banyak permainan Square lainnya.

Sakaguchi punyai karir yang panjang didalam industri permainan dengan penjualan lebih dari 80 juta unit permainan video di seluruh dunia. Sakaguchi mengambil lompatan dari permainan ke film selagi ia mengambil peran sebagai sutradara film
dalam Final Fantasy: The Spirits Within, sebuah film animasi yang didasari dari seri permainan terkenalnya Final Fantasy. Akan tetapi, film ini ternyata gagal dan menjadi keliru satu film yang paling merugi didalam sejarah perfilman, dengan kerugian lebih dari 120 juta USD yang berujung dengan ditutupnya Square Pictures. Sakaguchi lalu diturunkan dari posisi eksekutif Square. Kejadian ini terhitung mengurangi keuangan Square dan pada akhirnya mempunyai Square berhimpun dengan saingannya Enix, menjadi Square Enix. Sakaguchi lalu mengundurkan diri dari Square dan mendirikan Mistwalker dengan pemberian finansial dari Microsoft Game Studios.

Pada th. 2001, Sakaguchi menjadi orang ketiga yang masuk didalam Academy of Interactive Arts and Science’ Hall of Fame. Pada bulan Februari 2005 diumumkan bahwa perusahaan Sakaguchi, Mistwalker, akan bekerja serupa dengan Microsoft Game Studios untuk produksi dua permainan role-playing game untuk Xbox 360.

Pelajaran berharga: Dari awal karier, beliau banyak mengalami kegagalan, tetapi beliau tidak pernah menyerah sampai pada akhirnya menciptakan seri “Final Fantasy” yang sangat di nantikan kehadirannya, apalagi di puncak kariernya beliau kembali menghadapi kegagalan melalui proyek kontroversialnya (Final Fantasy : Spirit Whitin) yang membuat penurunan jabatan dan penutupan “Square Pictures” sampai pada akhirnya pengunduran dirinya dari Square.

Sumber : https://tokoh.co.id/

Baca Juga :