Transportasi

Transportasi
Transportasi

Table of Contents

Transportasi

Transportasi
Transportasi
Bagaimana cara bepergian ke gunung Tambora yang berada di pulau Sumbawa tepatnya Kabupaten Dompu dan Bima? Anda dapat menempuhnya dengan membeli tiket pesawat diwww.airpaz.com. Hampir semua pesawat memiliki rute perjalanan ke pulau Lombok tepatnyaMataram (Ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat). Setelah sampai kita harus ganti pesawatuntuk tujuan ke Bima dengan pesawat seperti Merpati dan Wings Air. Penerbangan dari Lombok ke Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III di Bima, selanjutnya menyeberang melalui Pelabuhan Tanjung Pengamas – Calabai sekira 5 jam. Calabai merupakan kota paling utara di kaki gunung Tambora. Selanjutnya untuk menuju puncak dapat melalui dua jalur pendakian yaitu dusun Pancasila, yang selanjutnya akan melewati 5 pos pendakian.
Jalur lainnya yaitu melalui dusun Doro Mboha di tenggara gunung Tambora. Rute ini biasanya dipakai untuk memantau aktivitas gunung.
Kondisi medan perjalanan akan sering menjumpai tanjakan dengan tingkat kemiringan mencapai 60 derajat. Jalur pendakian lain yaitu Kawinda Toi. Jalur pendakian ini disebut Cahyo yang dipenuhi hutan tropis dan sabana (padang rumput). Namun kita harus hati-hati dalam perjalanan mengingat medan yang menantang dan tantangan akan rintangan dari tanaman dan beberapa binatang kecil yang kurang bersahabat dengan pendaki. Pendakian secara umum menempuh waktu tiga hari dua malam.
Sekali lagi, berwisata ke gunung Tambora maka kita tidak hanya akan belajar dan menikmati keindahan gunung. Namun kita akan dipuaskan dengan belajar jejak sejarah Tambora, keanekaragaman flora dan fauna, keragaman budaya masyarakat, dan tentunya kuliner khas Sumbawa. Nah …. selamat mencoba dan selamat berpetualang. Dengan belajar sejarah Tambora kita akan menjadi bijaksana (historia viva magistra) dan dengan mendaki gunung tinggi seperti Tambora akan dapat membuat kita menjadi pemimpin yang bijaksana. Ayo ke Tambora.