Tak Ada yang Mustahil dengan Usaha dan Tawakal

Tak Ada yang Mustahil dengan Usaha dan Tawakal
Tak Ada yang Mustahil dengan Usaha dan Tawakal

Tak Ada yang Mustahil dengan Usaha dan Tawakal

Tak Ada yang Mustahil dengan Usaha dan Tawakal
Tak Ada yang Mustahil dengan Usaha dan Tawakal

“Kalau kita yakin Allah SWT bisa melakukan apapun dan mengabulkan doa setiap hambaNya, mengapa kita hanya meminta hal yang kecil?”

Seorang anak berkulit hitam, lahir di daerah kumuh Brooklyn, New York, ia melewati kehidupannya dalam lingkungan miskin dan penuh diskriminasi. Suatu hari ayahnya memberikan sehelai pakaian bekas kepadanya.

“Menurutmu, berapa nilai pakaian ini?” tanya ayahnya.

Ia menjawab, “Mungkin 1 dolar ”

“Bisakah dijual seharga 2 dolar? Jika berhasil, berarti engkau telah membantu ayah dan ibumu,” ujar Ayahnya.

“Saya akan mencobanya,” tanggap sang anak.

Lalu dia membawa pakaian itu ke stasiun kereta bawah tanah dan menjual selama lebih dari enam jam, akhirnya ia berhasil menjual 2 dolar dan berlari pulang.

Esoknya, ayahnya kembali menyerahkan sepotong pakaian bekas kepadanya, “Coba sekarang kau jual seharga 20 dolar?”

“Bagaimana mungkin? Pakaian ini paling hanya 2 dolar,” sahutnya kepada sang Ayah.

Ayahnya berkata, “Mengapa engkau tidak mencobanya dulu?”

Akhirnya, ia mendapatkan ide. Ia meminta bantuan sepupunya untuk menggambarkan karakter Donald Duck yang lucu dan Mickey Mouse yang nakal pada pakaian itu. Ia lalu menjualnya di sekolah anak orang kaya, dan terjual 25 dolar.

Ayahnya kembali memberikan selembar pakaian bekas kepadanya,

“Apakah engkau mampu menjualnya dengan harga 200 dolar”

Kali ini ia menerima tanpa keraguan sedikit pun, kebetulan aktris film populer “Charlie Angels”, Farrah Fawcett berada di New York, sehabis konferensi pers, ia pun menerobos penjagaan pihak keamanan dan meminta Farrah Fawcett membubuhkan tanda tangan di pakaian bekasnya. Kemudian terjual 1500 dolar!

Malamnya, ayahnya bertanya, “Anakku, dari pengalaman menjual tiga helai pakaian ini, apa yang engkau pahami?”

Ia menjawab “Selama kita mau berpikir pasti ada caranya.”

Ayahnya menggelengkan kepala, “Engkau tidak salah, tapi bukan itu maksud ayah, ayah hanya ingin memberitahukanmu bahwa sehelai pakaian bekas yang bernilai satu dolar saja bisa ditingkatkan nilainya. Apalagi kita sebagai manusia? Mungkin kita berkulit gelap dan miskin, tapi apa bedanya?” ujar sang ayah.

Sejak itu, ia belajar dengan lebih giat dan menjalani latihan lebih keras, dua puluh tahun kemudian, namanya terkenal di seluruh dunia. Ia adalah Michael Jordan!

Kisah tersebut memang belum tentu kebenarannya, tetapi nilai-nilai kegigihan didalamnya mengandung kebenaran. Bahwa tidak ada yang mustahil selama manusia mau berpikir dan berusaha. Sejarah telah mencatat banyak keajaiban dalam kehidupan kita. Misalnya: manusia tidak mampu terbang, namun berkat lahirnya mimpi dan kegigihan orang-orang yang terobsesi untuk terbang, dengan hal tersebut, kita bisa melihat pesawat terbang saat ini.

 

Tahukah Anda, ketika kita bertawakal kepada Allah atas suatu urusan, maka sesungguhnya kekuatan Allah-lah yang akan bekerja. Karena, dengan bertawakal kepada-Nya, berarti kita melibatkan Allah dalam urusan kita. Kita mengharapkan pertolongan-Nya agar urusan kita berhasil dengan baik. Dan, sungguh Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha dan tawakal hamba-Nya. Allah Mahakuasa untuk memberikan apa yang kita harapkan.

Tidak ada yang sulit bagi Allah. Segalanya mudah bagi-Nya. Ketika Dia berkehendak atas sesuatu, cukuplah bagi-Nya mengatakan, “Kun fayakun” (Jadilah, maka terjadi). Al-Qur’an menerangkan, “Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, ‘Jadilah! Maka jadilah sesuatu itu.” (QS. Yasin [36]: 82).

Karena itu, mudah saja bagi Allah untuk mengeluarkan kita dari kesulitan yang mengimpit menuju kemudahan dan kelapangan. Teramat mudah bagi Allah untuk memudahkan urusan kita dan memberikan rezeki berlimpah bagi kita. Sangat mudah bagi Allah untuk menganugerahkan keberhasilan bagi kita. Segalanya ada dalam genggaman dan kuasa Allah Swt.

Karena itu, apapun urusan kita, lakukan usaha terbaik, perkuat dengan doa dan amal saleh, selebihnya pasrahkan secara total kepada Allah. Insya Allah, kekuatan Allah-lah yang akan bekerja. Dan, jika Allah telah “turun tangan” memberikan pertolongan-Nya kepada kita, apapun urusan kita akan berhasil dan sukses.

Baca Juga :