Kepak, Kegiatan Kemah Pramuka untuk Pendidikan Karakter

Kepak, Kegiatan Kemah Pramuka untuk Pendidikan Karakter
Kepak, Kegiatan Kemah Pramuka untuk Pendidikan Karakter

Kepak, Kegiatan Kemah Pramuka untuk Pendidikan Karakter

Kepak, Kegiatan Kemah Pramuka untuk Pendidikan Karakter
Kepak, Kegiatan Kemah Pramuka untuk Pendidikan Karakter

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi menyebutkan saat ini pemerintah sedang fokus dalam pendidikan karakter yang akan diterapkan pada para peserta didik.

Hal itu dikatakan Ahmad Hadadi, saat menjadi Pembina pada Kemah Penguatan Karakter (Kepak) tingkat SMA yang digelar pada 3-5 September 2018 di Bumi Perkemahan Kiara Paung, Sumedang.

Karena hal tersebut, sebut Hadadi, pihaknya menyelenggarakan Kepak yang berlandaskan

keterampilan pramuka. Para siswa akan dibina selama tiga hari, dengan pemberian materi dengan wawasan pendidikan karakter.

Dikatakan dia, pada gelombang pertama Kepak diikuti 183 siswa dan masing-masing dua pendamping perwakilan dari 14 kabupaten dan kota di Jawa Barat.

”Kegiatan ini adalah momentum bagi siswa pada usia-usia remaja untuk mendapatkan pelatihan, sehingga dapat menumbuhkan potensi-potensi keimanan, ketakwaan, kecerdasan, kepemimpinan, dan kewarganegaraan,” ujar Hadadi.

Lebih lanjut dia mengatakan akan dipilih lima peserta terbaik untuk diapresiasi

dari kegiatan Kepak ini. Walaupun dia yakin, seluruh peserta telah menjadi perwakilan dari kabupaten dan kota telah menjadi siswa yang terbaik. Seluruh peseta akan dibina sehingga akan meningkatkan sifat kolaboratif, kreatif, dan komunikatif.

Selain itu Hadadi menambahkan untuk para guru yang menjadi pembina dalam Kepak, tetap fokus untuk mendampingi peserta. Ia berpesan untuk memberikan bekal sehingga lahir siswa berprestasi yang akan menjadi aset negara. Para pelatih dan pembina-pembina yang handal akan menjadi teladan dan menjadi contoh di sekolah.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Yesa Sarwedi menyebutkan,

tujuan dari Kepak untuk penguatan karakter bagi para peserta didik. Kegiatan yang diselenggarakan meliputi pemberian materi mengenai wawasan kebangsaan, pendidikan karakter, napza, kegiatan outbound, lomba kepramukaan, musikalisasi puisi, dan pembuatan video reportase.

”Harapannya kegiatan ini bisa sukses, juga kegiatan ini dapat terselenggara di setiap kantor cabang dinas, sehingga melebar ke semua sekolah dan siswa,” ujar Yesa.

Salah satu peserta Kepak, Tegar Muhammad Asbar mengungkapkan sangat senang mengikuti kegiatan ini karena dapat menjadi perwakilan kabupatennya. Ia merupakan perwakilan dari Kabupaten Sukabumi, berasal dari SMAN 1 Cicurug. Sejak dahulu, dia memiliki berbagai macam pengalaman seperti memimpin upacara, menjuarai lomba pramuka, dan sering mengadakan kegiatan pramuka di kabupatennya. Salah satu lomba nasional yang diikuti adalah Lomba Gebyar Scout Spensa menapatkan juara umum ke tiga

 

Sumber :

https://egriechen.info/