Aktivitas Volunteering yang Bisa kita Lakukan Bersama Anak

Aktivitas Volunteering yang Bisa kita Lakukan Bersama Anak

Ketika Anda telah memutuskan kegiatan volunteering yang sesuai, tidak boleh lupa sampaikan kepada anak mengenai apa yang diinginkan dari pekerjaan tersebut. Bersikaplah hendak sekali dengan seluruh yang Anda kerjakan dan terangkan mengapa pekerjaan tersebut penting guna dilakukan. Jawab seluruh pertanyaan anak yang bersangkutan dengan kegiatan pun orang-orang yang tercebur di dalamnya.

Ada beberapa kegiatan volunteering yang dapat Anda jajaki lakukan bareng anak. Simak misalnya berikut ini!

Mendonasikan Makanan
Ini ialah hal yang mudah dilaksanakan jika di dekat Anda terdapat dapur umum yang menampung makanan guna orang yang tidak mampu. Kalaupun tidak ada, Anda dapat mencari target laksana panti asuhan atau gelandangan. Ajak anak memilih makanan apa yang hendak mereka berikan dan serahkan pada orang yang membutuhkan.

Ikuti Aktivitas guna Donasi
Badan atau lembaga tertentu seringkali mengerjakan jalan santai untuk mengoleksi dana demi memerangi sebuah penyakit. Kegiatan semacam ini dapat menjadi teknik untuk mulai memperkenalkan kegiatan volunteering pada anak semenjak dini.

Sediakan ‘Kotak Amal’ di Rumah
Mengajarkan anak guna lebih peduli sesama dapat Anda kerjakan sepanjang hari di rumah. Letakkan suatu kotak supaya si kecil dapat meletakkan benda apapun yang hendak mereka bagikan di sana. Isinya dapat berupa mainan lama, buku-buku yang sudah berlalu mereka baca atau cokelat batang kesukaannya. Ketika kotaknya telah penuh, ajak anak mengantarkannya ke lokasi tinggal sakit anak atau panti asuhan terdekat sebagai salah satu kegiatan volunteering.

Ajak Anak Terlibat dalam Aktivitas Bersih-Bersih Lingkungan
Jika di lingkungan kita ada pekerjaan bersih-bersih bulanan maupun mingguan, Anda dapat memanfaatkan ini sebagai sarana mengenalkan gotong royong pada anak. Biarkan dia menolong Anda mengerjakan hal-hal sederhana mulai dari mengoleksi botol bekas ke lokasi sampah sampai membagikan minuman untuk orang-orang yang terlibat.

Kalau pekerjaan semacam ini tidak ada, sebagai gantinya datanglah taman terdekat dan ajak anak mengoleksi sampah-sampah di sana bersama-sama. Tekankan padanya bahwa lokasi umum adalahtanggung jawab bareng termasuk kita dan dirinya.

Kenalkan Anak dengan Disabilitas
Di samping dengan mengerjakan berbagai kegiatan volunteering di atas, Anda dapat memupuk rasa kasih sayang dan kepeduliannya pada sesama dengan teknik lain. Salah satunya ialah dengan memperkenalkannya pada dunia disabilitas. Anda dapat mencari yayasan terdekat, ajak dia berangjangsana dan kenalkan dia dengan teman-teman yang terdapat di sana. Dengan mengetahui perbedaan yang dipunyai setiap orang, anak bakal lebih gampang menghargai dan memuliakan siapa pun.

Melakukan Aktivitas Volunteering di Rumah Hewan
Kebaikan sesungguhnya tidak saja hak insan tapi pun hewan. Jika di dekat tempat bermukim ada lokasi penampungan anjing dan kucing terlantar, Anda dapat menjadikannya sebagai tempat untuk kegiatan volunteering. Anak mungkin dapat membantu memberi santap atau sekadar bermain dengan hewan-hewan yang terdapat di sana.

Sumber : http://chilp.it/7f670ee