Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Saat Musim Hujan Tiba

Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Saat Musim Hujan Tiba

Cuaca yang tak pasti dan kelembapan udara yang tinggi menjadi penyebab utama timbulnya virus dan bakteri penyebab penyakit, laksana demam, flu, bahkan tipus. Jika tidak dipertahankan dengan baik, kekebalan tubuh si kecil juga lama kelamaan bakal menurun dan gampang terserang penyakit. Oleh sebab itu, kerjakan tips mengawal kesehatan tubuh anak sebagai berikut untuk mengawal daya tahan tubuh si kecil:

Jaga Makanan Si Kecil

Agar senantiasa terhindar dari penyakit, si kecil mesti mempunyai daya tahan tubuh yang kuat. Hal ini dapat diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi si kecil. Bunda dapat memasak makanan berkuah, laksana sayur sup atau bayam. Pastikan si kecil menemukan asupan nutrisi yang lumayan dan usahakan hindari konsumsi es saat musim hujan tiba, sebab dapat mengakibatkan radang tenggorokan, batuk, dan pilek.

Istirahat yang Cukup

Tips mengawal kesehatan tubuh anak ketika musim hujan mendarat berikutnya ialah dengan lumayan beristirahat. Biasakan si kecil untuk istirahat siang paling tidak 2 jam masing-masing harinya, dan tidak boleh sampai ia terjaga sampai larut malam. Paling tidak, pastikan si kecil telah tidur maksimal pukul 10 malam. Jangan hingga si kecil tidak cukup tidur, sebab akan mengakibatkan tubuhnya menjadi lemas, tak bertenaga, dan rentan terserang penyakit.

Konsumsi Vitamin

Cara sangat penting dalam mengawal kesehatan tubuh anak saat memasuki musim hujan ialah dengan mengonsumsi vitamin, khususnya vitamin C yang bermanfaat untuk mengawal kekebalan dan daya tahan tubuh. Saat masa peralihan, tubuh akan merasakan proses penyesuaian yang mengakibatkan berkurangnya imunitas. Pada ketika inilah Bunda mesti sigap menyerahkan si kecil asupan vitamin C, supaya imunitasnya tetap terjaga.

Selalu Sediakan Payung atau Jas Hujan Saat di Luar Rumah

Saat si kecil pergi ke sekolah atau beraktivitas di luar rumah, tidak jarang kali sediakan payung atau jas hujan ya Bunda. Memang, anak-anak paling suka bermain hujan. Namun, tubuh yang terpapar guyuran air dalam masa-masa lama bakal sangat gampang terserang demam dan flu. Jika Bunda tak sempat membekali si kecil dengan payung atau jas hujan, jemputlah si kecil sesudah ia berlalu beraktivitas guna mencegahnya kembali ke lokasi tinggal menerjang hujan.

Perbanyak Minum Air Putih

Udara dan cuaca yang dingin lebih ingin mengundang rasa lapar daripada haus, sampai-sampai si kecil tentu akan lebih sering santap daripada minum. Padahal, minum air putih juga dapat membantu mengawal daya tahan dan kekebalan tubuh. Dehidrasi tidak terjadi pada musim kemarau saja, lho, Bunda, jadi simaklah asupan cairan si kecil ya.

Jaga Kebersihan Rumah

Tips mengawal kesehatan tubuh anak yang terakhir ialah selalu menjaga kesucian rumah dan lingkungan. Bersihkan got dan tutup lokasi penampungan air, sebab nyamuk menyenangi tempat-tempat kotor dan air yang menggenang. Ingatkan si kecil dan keluarga guna selalu membasuh tangan menggunakan sabun sehabis beraktivitas, selepas memakai toilet, dan sebelum makan.

Sumber : http://www.feedroll.com/rssviewer/feed2js.php?src=https%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id&