Membaca Bersama Anak

Membaca Bersama Anak

Anak yang suka membaca ialah keinginan masing-masing orang tua. Betapa indahnya andai kita dapat membaca bareng anak, mengajari tidak sedikit hal untuk mereka, lagipula di ketika anak telah mempunyai Minat yang baik terhadap kitab bacaan. Tanpa mesti memaksa, tanpa mesti mengeluarkan tidak sedikit energi untuk mengajak anak membaca. Namun, kebalikannya anak yang berperan aktif mohon dibelikan kitab bacaan.

Wah, asik bukan andai anak mempunyai Minat baca, sebagai orang tua pasti saja saya dan anda butuh melakukan persiapan guna menumbuhkan Minat baca pada anak. Hal yang mesti dipersiapkan ialah pengembangan mental dan karakter anak, menyiapkan situasi rumah yang kondusif, menciptakan kebiasaan membaca, serta melibatkan emosi atau rasa senang dalam proses menumbuhkan Minat baca anak.

Banyak sekali pro dan kontra bahwa anak umur dini jangan belajar membaca, anak melulu boleh bermain saja. Sebenarnya anak yang dididik menyimak sejak umur dini paling mempengaruhi keterampilan anak di masa depan. Seorang peneliti mempunyai nama Dolores Durkin menelaah masalah ini pada tahun 1958-1964 mengatakan, “Anak yang mempunyai Minat baca semenjak dini dapat mengungguli keterampilan membaca anak yang terlambat hingga ke tingkat SMP.”

Minat baca tidak bersangkutan dengan IQ, tetapi sangat bersangkutan dengan suasana lokasi tinggal dan lingkungan lokasi ia tinggal. Anak yang mempunyai Minat baca semenjak dini ternyata mempunyai orang tua yang inginkan menyempatkan masa-masa untuk pekerjaan membaca bareng anaknya, itulah hasil dari perhatian dan usaha tambahan dalam menolong anak menambah Minat baca dengan teknik yang menyenangkan.

Sumber : www.studybahasainggris.com/