FUNGSI DAN RAGAM BAHASA INDONESIA

FUNGSI DAN RAGAM BAHASA INDONESIA
FUNGSI DAN RAGAM BAHASA INDONESIA

FUNGSI DAN RAGAM BAHASA INDONESIA

FUNGSI DAN RAGAM BAHASA INDONESIA
FUNGSI DAN RAGAM BAHASA INDONESIA

BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR

KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN RAGAM BAHASA INDONESIA

Pengantar

Salah satu fungsi bahasa Indonesia adalah merupakan bahasa resmi dalam dunia pendidikan. Maksud dari pernyataan tersebut yaitu bahasa Indonesia telah digunakan secara menyeluruh di seluruh wilayah Indonesia sebagai pengantar di dunia pendidikan. Penggunaan bahasa Indonesia sebagai pengatar dalam dunia penddidikan mencakup berbagai aspek seperti pemakaian bahasa Indonesia dalam penulisan buku pelajaran, pemakaian bahasa Indonesia sebagai sarana menyampaikan pelajaran (mengajar), pemakaian bahasa Indonesia dalam menyusun berbagai laporan dalam dunia pendidikan dan lain sebagainya.

Dengan berbagai fungsi tersebut tentulah bahasa Indonesia harus dikuasai oleh seluruh elemen yang terlibat dalam dunia pendidikan, termasuk guru. Oleh karena itu dalam setiap pendidikan termasuk pendidikan pada calon guru diberikan pendidikan tentang bahasa Indonesia. Tujuan akhir dari mempelajari bahasa Indonesia bagi calon guru adalah agar para calon guru dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam menjalankan tugas.

Pemakaian bahasa Indonesia dengan baik dan benar merupakan hal yang selama ini sering dibicarakan. Bahasa yang baik adalah bahasa yang mempunyai nilai rasa yang tepat dan sesuai dengan situasi pemakaiannya dan bahasa yang benar adalah bahasa yang menerapkan kaidah kebahasaan (pedoman ejaan yang disempurnakan dan pedoman umum pembentukkan istilah) dengan konsisten.

Pemakaian bahasa yang baik memiliki arti pemakaian bahasa yang sesuai dengan situasi yang sedang dihadapi. Pemakaian bahasa dengan baik dilakukan agar penggunaan bahasa terlihat luwes. Sedangkan untuk penggunaan bahasa yang benar adalah penggunaan bahasa sesuai dengan kaidah kebahasaan yang telah ada. Kaidah kebahasaan yang benar dalam bahasa Indonesia tertuang dalam pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan dan pedoman umum pembentukan istilah.

Jadi penggunaan bahasa yang baik dan benar adalah penggunaan bahasa sesuai dengan situasi dengan memperhatikan pedoman penggunaan bahasa atau EYD dan pedoman umum pembentukan istilah. Sebagai contoh sederhana misalnya pengguaan kata “kamu” dan “Anda”, kedua kata tersebut sama-sama digunakan untuk meyebut lawan bicara kita atau orang ke-dua dalam kalimat. Kedua kata tersebut sama-sama memiliki makna yang sama dan sama-sama merupakan kata baku. Namun pengguanaan kata tersebut akan dikatakan baik jika disesuaikan dengan siapa yang menjadi lawan bicara atau orang ke-dua dalam percakapan. Kata “kamu” akan baik jika digunakan dalam pembicaraan dengan orang yang sudah kenal dekat dengan kita dan memiliki kedudukan dan atau usia setara dengan kita. Pengguanaan kata “ kamu” walaupun benar tapi akan tidak baik jika digunakan ketika kita berbicara dengan orang yang belum terlalu akrab yang memiliki umur atau kedudukan yang lebih tinggi dari kita. Walaupun secara kebahasaan penggunaan kata tersebut benar tetapi penggunaan kata tersebut tidak baik karena mengandung kekurangsopanan.

Sumber : http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/world-empire-apk/